Menu
Fisika-Matematika-Bahasa Indonesia-IPA-IPS

Sabar, Semua Harap Menahan Diri

  • Share


Semarang

Pendukung Ganjar Pranowo dari GP Mania membentuk ‘Dewan Kopral’ setelah Fraksi PDIP DPR RI membuat ‘Dewan Kolonel’ untuk mendukung Puan Maharani. Ganjar berharap relawan mana pun jaga situasi politik tetap kondusif.

Saat ditanya soal Dewan Kopral tersebut, Ganjar menegaskan keputusan soal calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 menjadi kewenangan partai. Relawan bisa melakukan kolaborasi dengan pihak partai, terlebih jika calonnya sudah ditetapkan oleh partai.

“Keputusan capres menjadi kewenangan partai. Relawan bisa kolaborasi dengan partai apalagi kalau calon sudah ditetapkan,” kata Ganjar kepada detikJateng, Kamis (22/9/2022).



Maka menurut Ganjar, para relawan dan pendukung siapa pun harus menjaga suasana politik yang kondusif. Salah satunya tidak dengan saling serang sehingga masyarakat teredukasi.

“Agar situasi politik kondusif, pendidikan politik tetap bisa berjalan sehingga demokratisasi makin dewasa maka sebaiknya relawan dari pendukung siapa pun turut menjaga suasana kondusif,” jelas Ganjar.

“Tidak saling serang dan tapi mengedukasi publik dengan diksi yang baik. Jangan saling memancing dan terpancing. Semua diharapkan bisa menahan diri. Sabar,” kata dia.

Terkait relawan, sebelumnya Ganjar sudah sempat menegaskan tidak pernah membuat kelompok relawan. Hal itu diungkapkan Ganjar saat merespons polemik cuitan Eko Kuntadhi yang sebelumnya menjabat sebagai ketua Ganjarist.

“Saya sebagai politisi, tidak pernah membuat relawan-relawan,” ucap Ganjar kala itu.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) Immanuel Ebenezer atau Noel akan membuat ‘Dewan Kopral’ untuk menandingi ‘Dewan Kolonel’.

“Kita mau bentuk ‘Dewan Kopral’. Kalau Mbak Puan bikin ‘Dewan Kolonel’ buat pencitraannya kita bentuk ‘Dewan Kopral’ untuk kemenangan Mas Ganjar untuk Presiden,” kata Noel kepada wartawan, Rabu (21/9).

Ia menyebut, jika ‘Dewan Kolonel’ berisi para elit, maka nantinya anggota ‘Dewan Kopral’ akan diisi oleh petani hingga mahasiswa. Noel yang akan memimpin ‘Dewan Kopral’

“Kalau ‘Dewan Kolonel’ itu para elite, kalau ‘Dewan Kopral’ pasti isinya itu ya para prajurit-prajurit lah. Saya, para petani, guru, mahasiswa, banyak intelektual-intelektual lain juga, mereka jadi ‘Dewan Kopral’ aja lah. Yang mimpin saya,” imbuhnya.

Simak Video “Relawan Bentuk Dewan Kopral Tandingi Dewan Kolonel, Ganjar: Tahan Diri
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)



Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.