Menu
Fisika-Matematika-Bahasa Indonesia-IPA-IPS

Ramai Diserbu Pemotor, Jembatan Sesek Solo-Sukoharjo Dibuat 2 Jalur

  • Share


Solo

Jembatan sesek atau sasak di perbatasan Solo-Sukoharjo kini bisa dilewati kendaraan dari dua lajur, setelah dibuatkan jembatan baru yang ada di sampingnya. Sebab, jembatan tersebut makin diminati usai ditutupnya Jembatan Mojo dan Jembatan Jurug C yang dalam perbaikan.

Jembatan sasak itu menghubungkan Kampung Beton, Kelurahan Kampungsewu, Kecamatan Jebres, Kota Solo, dengan Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo.

Jembatan Sasak ini dibuat oleh Sugiyono alias Bagong (67) warga Sukoharjo. Dia menuturkan, jembatan baru itu dia buat kemarin, dan mulai bisa dilewati pada Selasa (27/9/2022) pagi ini.



“Tadi malam dibuat jembatan baru biar bisa dilewati dua lajur. Biar bisa langsung tanpa berhenti. Yang lewat banyak sejak Jembatan Mojo dan Jurug ditutup, sebelumnya tidak pernah sampai macet seperti ini. Dulu satu (jembatan) saja mampu,” kata Sugiyono.

Berdasar pantauan detikJateng, beberapa pembonceng turun dari motor saat melewati jembatan yang terbuat dari bambu itu. Bahkan, beberapa motor harus didorong karena tidak kuat menanjak setelah melewati jembatan.

Kendati demikian, jembatan sasak ini bukan jalur yang direkomendasikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo sebagai jalur alternatif. Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, mengatakan jembatan sasak sangat berbahaya.

Pemotor memanfaatkan jembatan sasak penghubung Solo-Sukoharjo, Selasa (27/9/2022).Warga mendorong motor usai melintas di jembatan sasak penghubung Solo-Sukoharjo, Selasa (27/9/2022). Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng

“Jembatan sasak bukan sebagai pengalihan arus. Kami rekomendasikan lewat Bacem, Ring Road (Mojosongo), atau via tol. Secara kerawanan itu potensi rawan keselamatan, karena di atas drum, goyangan terasa, dan terakhir di ujung itu sangat menanjak,” ujar Ari.

Dia berharap, jembatan sasak itu tidak jadi alternatif bagi masyarakat yang terdampak proyek Jembatan Mojo dan Jurug C.

“Nanti kita evaluasi, agar tidak terjadi kejadian yang tak diinginkan,” ucapnya.

Simak Video “Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Anak Sungai Bengawan Solo
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)



Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *