Menu
Fisika-Matematika-Bahasa Indonesia-IPA-IPS

Ditemani Permaisuri, Kaesang-Erina Tabur Bunga di Makam Mangkunegara VI

  • Share


Solo

Dirut Persis Solo Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono berziarah ke makam-makam penguasa Mangkunegaran jelang pernikahan. Sebelum ke Astana Oetara, Nayu, Kaesang dan Erina ziarah ke Astana Mangadeg dan Astana Girilayu, Karanganyar.

Juru kunci Astana Oetara, Haryanto (68) mengatakan kedua calon pengantin tersebut hanya melakukan ziarah ke Makam Mangkunegara VI. Bahkan, menurutnya kedatangan Kaesang dan Erina terbilang mendadak.

“Ini tadi cuma ziarah ke makam Mangkunegara 6 sama permaisuri, ini tadi dikasih tahunya juga mendadak 10 menit sebelum datang, hanya tabur bunga,” kata Haryanto, Selasa (29/11/2022).



Haryanto mengaku tidak ada obrolan atau wejangan khusus. Dia mengatakan kedatangan pasangan Kaesang dan Erina hanya untuk melengkapi ziarah di sejumlah makam yang telah dikunjungi.

“Kan dia mau ziarah, kan makam Mangkunegara I sampai III di Mangadeg, 4,5,7,8,9 kan di Girilayu. Lha enamnya di sini ngomplitin, biar komplit semua,” jelasnya.

Dia menuturkan Kaesang dan Erina hanya melakukan tabur bunga di Makam Mangkunegara VI. Menurutnya, kedatangan Kaesang dan Erina atas kemauan sendiri.

Haryanto menjelaskan tidak ada hari khusus untuk ziarah di Makam Mangkunegara VI. Sebab, menurutnya kegiatan tersebut adalah berdasarkan panggilan hati.

“Ndak (hari khusus) bebas, karena prinsipnya orang ziarah itu panggilan jiwa. Jadi kalau belum waktunya tidak mungkin orang ziarah,” pungkasnya.

Simak Video “Inikah Tanggal Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono?
[Gambas:Video 20detik]
(ams/sip)



Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *