Menu
Fisika-Matematika-Bahasa Indonesia-IPA-IPS

Corona di Jepara Tembus 954 Kasus Aktif, DKK: Dominan Omicron

  • Share


Jepara

Penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah tembus angka 954 kasus aktif. Dinas Kesehatan Jepara menyebutkan varian Omicron menyebabkan laju Corona di Jepara naik tajam.

“Ya memang ini penyebarannya sangat cepat, dan hasil pemeriksaan WGS (Whole Genome Sequencing) kita kemarin ditemukan memang ditemukan sampel Omicron ada dua,” jelas Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Eko Cahyo, kepada detikJateng lewat sambungan telepon, Senin (21/2/2022).

Menurutnya varian Omicron mendominasi penyebaran virus Corona di Jepara. Kata dia dengan begitu penyebaran virus Corona di Jepara sangat cepat.



“Jadi artinya memang menggambarkan varian yang dominan yang saat ini, sedang beredar di Jepara memang Omicron. Kita tahu tentang karakteristiknya. Penularan begitu cepat sekali, tapi memang gejala ringan-ringan,” ungkap Eko.

“Maka ini terjadi di masyarakat sudah sedikit abai terkait protokol kesehatan maka cepat sekali dan banyak yang gejala batuk pilek itu,” sambung dia.

Menurutnya, kenaikan penyebaran virus Corona di Jepara sejak pekan ke-4 tahun 2022 ini. Lonjakan kasus pun terus mengalami kenaikan. Disebutkan kini rata-rata kasus baru 84 orang terkonfirmasi positif Corona.

“Rata-rata itu yang sekarang menjadi 84 per hari, kemarin 40-an minggu ke-6. Antara minggu 5-6 rata-rata harian naik 300 persen, sekarang 6-7 itu naiknya 200 persen. Tetap naik agak sedikit dibandingkan minggu 5-6. Rata-rata 84 kasus per hari,” terang Eko.

Eko pun mengaku tengah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mengantisipasi lonjakan kasus Corona lebih parah lagi. Dia mengajak kepada masyarakat untuk kembali menggiatkan lagi disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Langkah yang dilakukan kita berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mulai menggiatkan edukasi di masyarakat dan mendisiplinkan protokol kesehatan. Setiap wilayah mulai operasi yustisi ini sudah woro-woro itu penting,” terang Eko.

“Kalau kita di kesehatan tetap 3T-nya itu, tetap kita laksanakan dan juga vaksinasi,” sambung dia.

Mengutip data corona.jepara per hari Minggu (20/2) pukul 21.42 WIB kasus terkonfirmasi aktif di Jepara 954 kasus. Ada 61 orang terkonfirmasi dirawat di rumah sakit dan 893 orang menjalani isolasi.

Simak Video “Serunya Naik Jeep Keliling Pantai di Jepara
[Gambas:Video 20detik]
(rih/mbr)



Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *